Asesmen lapangan (AL) merupakan salah satu proses penjaminan mutu eksternal yang dilakukan oleh lembaga akreditasi untuk menilai kualitas dan kesesuaian sebuah program studi dengan standar yang telah ditetapkan. Proses ini melibatkan penilaian terhadap berbagai aspek seperti kurikulum, fasilitas, dan kinerja lulusan yang dituangkan dalam Laporan Evaluasi Diri (LED).
Program Studi Informatika di Fakultas Matematika dan Ilmu Komputer (FMIKOM) Universitas Nahdlatul Ulama Galuh (UNUGHA) Cilacap diases oleh dua asesor dari LAM INFOKOM, yaitu Bapak Husni Teja Sukmana, M.Sc., Ph.D. (Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sekaligus Sekjend APTIKOM), dan Ibu Dr. Ir. Endang Setyati, M.T. (Kaprodi S2 Teknologi Informasi Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya). Kegiatan asesmen ini juga diikuti oleh pimpinan fakultas dan program studi, serta lembaga dan biro di kampus UNUGHA. Selain itu, dosen tetap, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, serta pengguna lulusan Program Studi Informatika turut hadir dalam asesmen ini.
Asesmen Lapangan (AL) Akreditasi Program Studi Informatika ini telah dilaksanakan pada hari Kamis hingga Sabtu, 25 hingga 27 Juli 2024. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Dosen, Gedung II Al Ghazali, Kampus UNUGHA, Cilacap.
Asesmen lapangan ini penting karena memberikan kesempatan kepada program studi untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap kualitas pendidikan. Selain itu, asesmen ini juga memberikan gambaran objektif mengenai area yang perlu ditingkatkan. Akreditasi yang baik dapat meningkatkan reputasi program studi, fakultas, dan juga universitas.
Pembukaan, Kunjungan Fasilitas, dan Asesmen Kriteria
Pembukaan Asesmen Lapangan dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Juli 2024, di Ruang Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Ghazali (UNUGHA). Acara pembukaan ini dihadiri oleh Ketua Badan Pelaksana Pengelola (BPP) UNUGHA Bapak KH. Lubbul Umam, SE dan Senat Universitas Bapak Drs. Musa Ahmad, M.Si. Turut hadir juga Pelaksana Tugas (PLT) Rektor Ibu Dr. Umi Zulfa, M.Pd., asesor dari LAM INFOKOM, Kepala Lembaga, Biro, dan UPT di UNUGHA. Pimpinan Fakultas Matematika dan Ilmu Komputer, Ketua Program Studi Informatika, dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh tim akreditasi juga menghadiri acara pembukaan tersebut. Pembukaan dilanjutkan dengan penandatanganan Pernyataan Pelaksanaan Asesmen Lapangan. Setelah itu, kunjungan fasilitas kampus UNUGHA mulai dari Ruang Dosen, Laboratorium dan Ruang Kelas yang digunakan oleh Prodi Informatika, serta Perpustakaan.


Kunjungan Fasilitas
Kunjungan fasilitas dimulai dari lantai 1 Gedung II Al Ghazali. Selanjutnya, rombongan beralih ke lantai 2 untuk mengunjungi fasilitas Laboratorium dan ruang kelas. Kunjungan ini didampingi oleh Dekan FMIKOM, Ketua Program Studi Informatika, Kepala SSDI, serta Kepala Biro Administrasi dan Sumber Daya, yang memberikan penjelasan mengenai setiap fasilitas. Setelah itu, rombongan melanjutkan kunjungan ke perpustakaan, dimulai dari ruang baca di lantai 2 hingga ruang penyimpanan buku di lantai 1.



Asesmen Kriteria
Setelah itu, kegiatan asesmen dilanjutkan dengan pembahasan setiap kriteria yang telah dilaporkan dalam LED (Laporan Evaluasi Diri). Kegiatan ini berlangsung dengan dua panel secara paralel di Ruang dosen. Pembahasan kriteria diantaranya penjabaran visi dan misi, tata pamong dan kerjasama, kemahasiswaan, sumber daya manusia, keuangan dan sarana prasarana, kurikulum, penelitian dan pengabdian, dan luaran. Setiap kriteria dibahas dalam bentuk penjaminan mutu berkelanjutan melalui PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan).


Keterlibatan Stakeholder Prodi Informatika dalam Proses Asesmen
Stakeholder eksternal dan internal juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Asesmen Lapangan. Stakeholder internal prodi informatika yaitu dosen tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Sedangkan stakeholder eksternal adalah alumni dan pengguna lulusan. Kegiatan ini berlangsung secara paralel menggunakan dua ruangan yang berbeda. Stakeholder memberikan gambaran pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi yang berkaitan dengan program studi Informatika dari sisi akademik maupun non akademik.



Rekomendasi Hasil Asesmen dan Penutupan
Hari terakhir asesmen lapangan diawali dengan kerja mandiri Asesor. Setelah itu, kedua Asesor LAM INFOKOM memaparkan rekomendasi bagi Program Studi Informatika berdasarkan hasil asesmen yang telah dilaksanakan pada hari sebelumnya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan dan diakhiri dengan Penutupan.

